PURWOKERTO, SATELITPOST-Sebanyak 2.450 personil gabungan TNI-Polri berkumpul di Gor Satria Purwokerto, Jumat(8/2). Ribuan personil gabungan ini kompak menunjukan kepada masyarakat, bahwa TNI-Polri saat ini bersinergi dan memiliki kesepahaman dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan Negara serta menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia.

Menurut keterangan Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK, dalam kegiatan Panggung Prajurit ini yang hadir dalam kegiatan ini yakni semua satuan yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas, baik dari Kepolisian maupun TNI angkatan darat dan AU.

“Kita ingin menunjukan kepada masyarakat, sinergitas TNI-Polri yang kami punya, kami tunjukan kepada masyarakat di antaranya dalam pilkada ini. Kami TNI-Polri siap mengawal pesta demokrasi ini, sehingga dengan ini masyarakat bisa merasakan nyaman dan aman,” kata dia.

Selain itu, Kapolres mengatakan dalam pesta demokrasi, TNI-Polri selalu netral, solid dan bersinergi. “Kami senantiasa bergandeng tangan bersama-sama melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Negara dalam menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Tidak hanya Apel Pasukan saja, dalam sinergitas TNI-Polri juga akan digelar panggung sinergitas TNI-Polri Netral pada malam hari, baik anggota TNI-Polri akan diajak berjoget bersama dalam panggung yang dibawakan oleh artis dangdut Jenita Janet.

Sedangkan menurut Danrem 071 Wijaya Kusuma, Kolonel Inf Suhardi melalui Kasiter Korem 071/WK, Letkol Inf Sapto Broto pihaknya juga menegaskan, dalam pesta demokrasi kali ini TNI netral. “Apel bersama ini juga wujud keseriusan kita dalam mengamankan pilkada Banyumas ini dengan aman, kita juga ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa kita itu netral,” kata dia.

Dalam sinergitas ini, Sapto mengungkapkan ada 2 ribu personil yang disiapkan dalam pengamanan pilkada sekitar 2 ribu personil tersebut terbagi di dua wilayah yakni 1.000 di Kabupaten Banyumas, 1.000 di Kabupaten Tegal. “Personil ini dari Korem, Kodim dan battalion sekitar,” kata dia.(san)