DARYATI tengah mendapatkan perawatan medis di RSUD Banyumas.

PURWOKERTO, SATELITPOST-Daryati (70), seorang Tunawisma yang sering terlihat di sekitar Kelurahan Purwokerto Wetan akhirnya dirujuk ke RSUD Banyumas, Minggu (11/3) malam. Nenek tanpa sanak saudara tersebut diketahui sakit dan sebelumnya dirawat warga selama empat hari.

Kabar terkait masalah yang menimpa Daryati tersebar luas di berbagai jejaring. Informasi ini pun langsung ditanggapi oleh Sadewo Tri Lastiono. Calon Wakil Bupati Banyumas 2018 ini langsung berkoordinasi dengan sejumlah pihak agar Daryati dapat menerima perawatan medis.

Andi, warga setempat mengatakan, setelah mendapatkan informasi ini, Dewo langsung mendatangi lokasi tempat Daryati dirawat, sekitar pukul 22.00, lusa lalu. Yakni, sebuah bilik bambu di kawasan permukiman warga. Bersama sejumlah warga, ia lalu meminta Daryati dibawa ke IGD RSUD Banyumas.

Di tempat yang sama, Dewo juga mendatangkan ambulans untuk membawa Daryati ke RSUD Banyumas. “Pak Dewo meminta warga bergantian menjaga Daryati selama dirawat di RS,” kata dia.

Sementara itu, dari hasil diagnosa sementara, nenek dinyatakan menderita stroke. “Selain itu, ada juga masalah kejiwaan,” kata dia yang juga turun tangan membantu Daryati.

Menurutnya, Daryati adalah warga Purwokerto Wetan. Nenek renta sebatang kara ini dikatakan sudah tinggal di lokasi tersebut sejak 1960. Namun, sejak dua tahun yang lalu Daryati tak punya cukup uang lagi untuk membayar uang kos. Karena itu, Daryati mulai hidup menggelandang.

“Kami, mencoba membantu bermodal iuran warga, untuk sekadar makan dan biaya obat-obatan. Karena Ia tak lagi punya sanak keluarga, akhirnya kami mencoba menghubungi dinas sosial (dinsos). Alhamdulillah, tidak hanya dari Dinsos, Calon Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono juga turut membantu,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, Daryati masih dirawat di IGD RSUD Banyumas. “Rencananya, setelah masa pengobatannya selesai, Daryati akan kami bawa ke panti jompo melalui dinas sosial,” katanya. (CR3)