Kawasaki Ninja Club

JIKA Anda melintas di ruas Jalan dr Angka Purwokerto pada Jumat malam, pasti akan melihat banyak sekali Kawasaki Ninja berjejer rapi. Mereka adalah Komunitas awasaki Ninja Club (KNC) Banyumas.

Tepatnya tiga tahun silam, komunitas yang menaungi para penyuka dan penggila Kawasaki Ninja di Banyumas ini berdiri. Tepatnya 21 Juli 2013. Diprakarsai oleh anak-anak KNC dari luar Banyumas, kini KNC Banyumas mulai mampu unjuk gigi.

Sekretaris KNC Banyumas, Baktu Gunarto atau yang akrab disapa dengan Attack ini mengungkapkan ide awal berdiri KNC di Kabupaten Banyumas justru dibawa oleh anak-anak penggila Ninja dari daerah lain.

“Kebetulan mereka kuliah di Purwokerto. Sehingga ada inisiatif untuk membuat KNC di Purwokerto,”kata Attack.

Ceritanya, mereka yang sedang berdomisili sementara di Kota Satria, alias kost kerap merasa kebingungan ketika mencari teman sesama Ninja untuk sekadar hangout bareng.

Ada tiga orang pentolan KNC dari luar Purwokerto yang mempelopori untuk pembentukan KNC Banyumas. “Dari tiga orang tersebut mereka mencari teman-teman yang lain, karena untuk membentuk KNC itu sendiri dibutuhkan 10-15 orang,” ujarnya.

KNC sendiri memiliki pusat yang berada di Jakarta dan juga Bandung, setelah jumlah anggota 10-15 orang berkumpul. Kemudian dibentuklah KNC Banyumas pada tanggal 21 Juli 2013. “Dari situ kita yang memiliki slogan “Satu asa satu cinta satu kata Ninja”. Hingga akhirnya merekrut anggota lainnya. Sekarang anggota yang aktif ada 53 orang, dengan total 70 orang lebih,” ujarnya.

Masih menurut Attack setelah terbentuk mereka memiliki tempat ngumpul di Jalan Dr Angka atau berada di depan BRI Link. Sekadar mengobrol ataupun merencanakan kegiatan rutin mereka di tempat tersebut. “Kami memiliki kegiatan rutin selain kopdar dan touring juga ada kegiatan bakti sosial, karena kami juga memiliki motor KNC Indonesia hiduplah Indonesia Raya,” kata dia.

Sedangkan menurut Ketua KNC Banyumas, Bardi Meilani atau biasa yang akrab disapa Barry mengungkapkan, untuk urusan touring rekan-rekannya sudah touring diberbagai wilayah Indonesia, yang paling jauh ke Kalimantan. “Kebetulan di sana memang sudah ada KNC Kalimantan, tetapi kami ingin menjalin silaturahmi sekaligus memperkenalkan KNC ke masyarakat luas,” kata dia.

Bagi anda yang tertarik bergabung dengan KNC Banyumas, Barry mengungkapkan tidak ada syarat yang terlalu sulit, hanya diwajibkan memiliki sepeda motor Kawasaki Ninja, kemudian memiliki SIM C, kendaraanya juga harus memiliki surat-surat yang lengkap. “Selain itu yang ingin gabung harus mengikuti kopdar tiga kali berturut-turut, kemudian mengikuti tiga kegiatan KNC,” ujarnya.

KNC Banyumas bukan gank motor yang sering rusuh, namun lebih mengutamakan tali silaturahmi sesama pengendara lainnya. “Kami memiliki visi misi, untuk menjadi pribadi yang berwatak luhur, mulai memiliki ciri khas yang bermanfaat untuk sesama. KNC Banyumas juga bertujuan untuk menghimpun para bikers pecinta Kawasaki Ninja tanpa membeda-bedakan latar belakang keturunan, agama atau kepercayaan dan status sosial demi terwujudnya persahabatan yang abadi,” kata dia.(san)