BANJARNEGARA, SATELITPOST-Dibandingkan 2016 lalu, peminat untuk mengikuti seleksi pemilihan Duta Wisata Kabupaten Banjarnegara diprediksi bakal meningkat. Hal ini dikarenakan promosi yang dilakukan tahun ini lebih agresif dengan melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah serta media yang lain.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, dalam seleksi tahun ini, selain ketentuan tinggi badan minimum 160 untuk wanita dan 165 untuk pria, para peserta juga harus mengetahui tentang budaya dan pariwisata yang ada di Banjarnegara. Mudahnya akses masyarakat terkait tentang kepariwisatan di Banjarnegara diharapkan mampu menambah pengetahuan calon peserta sebelum melakukan pendaftaran dan pembekalan.

“Untuk pendaftaran kami buka hingga tanggal 18 September mendatang, setelah itu mereka yang lolos administrasi akan menjalani tes tertulis hingga pembekalan dan karantina. Sehingga nantinya siapapun yang terpilih benar-benar memahami tugas dan fungsi sebagai duta wisata,” katanya.

Menurutnya, dengan kondisi ini maka seleksi tahun ini akan lebih ketat dan berbeda dengan seleksi sebelumnya. Ini karena akan ada penilaian yang menyangkut pengembangan kepariwisataan yang ada di Banjarnegara.

“Banjarnegara memiliki banyak potensi wisata dan budaya, termasuk beberapa potensi wisata alternatif,” ujarnya.

Dengan pengetahuan dan bekal yang cukup bagi calon duta wisata, maka ke depan keberadaan duta wisata ini benar-benar memberikan dampak positif dalam perkembangan pariwisata di Banjarnegara. Pemikiran para duta wisata ini juga sangat dibutuhkan untuk sektor pariwisata di Banjarnegara di masa mendatang. (oel)

Komentar

komentar