RELAWAN Semar berfoto usai membagikan takjil di bilangan Gerilya.

PURWOKERTO, SATELITPOST-Puluhan relawan Mardjoko-Ifan Haryanto yang tergabung dalam Relawan Semar (Sekarang Mardjoko) menggelar sebuah aksi sosial bagi para pemudik. Khususnya, bagi mereka yang melintasi jalan Gerilya.

H Sabar Santoso, koordinator agenda tersebut mengatakan, aksi kemarin sengaja digelar untuk menyambut para pemudik. Sekaligus, menyosialisasikan bahwa Banyumas bakal menggelar Pilkada dan ada calon yang perlu dukungan para pemudik ini.

“Kemarin kita membagi ratusan tajil untuk pemudik yang melintasi jalur macet ini,” kata Sabar kepada SatelitPost.

Sabar mengatakan, sekarang ini, Relawan Semar dapat dikatakan memiliki kekuatan yang cukup besar. Sebab, relawan ini sudah memiliki anggota di seluruh desa di semua penjuru Banyumas.

“Kita punya trik sendiri, jadi yang kami ambil adalah mereka yang merupakan tokoh-tokoh masyarakat, khususnya tokoh agama,” kata dia.

Menurutnya, dengan merangkul para tokoh agama, Semar bakal mampu menggandeng para pengikut tokoh agama tersebut.

Sabar mengatakan, sebagian besar anggota relawannya merupakan orang-orang yang merindukan pemimpin tepat bagi Banyumas. “Kami sebenarnya sempat mengusung tokoh muda. Tapi, ternyata politik tidak bisa semudah itu. Jadi, kami menjatuhkan pilihan kepada orang yang kami anggap mampu memajukan Banyumas,” kata dia.(pan)