CILACAP, SATELITPOST-Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap saat ini sedang merintis pengembangan sistem informasi pasar komoditas pertanian. Melalui sistem ini, petani maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan dapat memperoleh informasi dengan cepat.

Kepala Bidang Penyuluhan pada Dinas Pertanian Cilacap, Tundan Iriani menjelaskan, untuk tahap awal, sistem ini masih dikelola secara konvensional baik pengumpulan data maupun penyajiannya. Setiap bulan, data yang terkumpul dilaporkan kepada Dinas Pertanian. Data dari tiap kecamatan akan diolah dan dirilis untuk lingkup Kabupaten Cilacap.

“Akan tetapi tidak menutup kemungkinan, ke depan sistem ini dikembangkan dengan memanfaatkan layanan digital,” kata Tundan seperti dikutip dari cilacapkab.go.id.

Tundan menjelaskan, pihaknya menerjunkan sejumlah personel di setiap kecamatan. Mereka bertugas untuk mencatat perkembangan data ketersediaan, maupun harga komoditas pertanian di wilayah masing-masing.

Menurut Tundan banyak manfaat yang dapat diperoleh melalui penyediaan informasi tersebut, antara lain menjaga stabilitas inflasi daerah.

“Agar lebih interaktif, nantinya sistem ini akan dikembangkan dan terintegrasi dengan sistem informasi desa (Sisdes),” ujar dia.(tha)

Komentar

komentar

BAGIKAN