KEPALA Dinas Pendidikan Kabupaten Banjarnegara Noor Tamami meninjau stand kreasi siswa kelas IX SMPN 1 Banjarnegara (Andipa), Rabu (10/1).

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Untuk memberikan ruang penyaluran kreatifitas seni budaya para siswanya, siswa Kelas IX SMPN 1 Banjarnegara (Andipa) menggelar pameran, gelaran seni dan literasi. Kegiatan tersebut, digelar di halaman sekolah, Rabu (10/1).

Koordinator kegiatan, Sudibyo mengatakan, kegiatan ini merupakan ruang bagi siswa kelas IX untuk menampilkan atau menggelar karya selama dia menempuh pendidikan di sekolah. Baik pameran seni, karya ilmiah, hingga penemuan siswa.

“Semua itu karya siswa, mulai dari hasil lomba, penemuan, prestasi, seni rupa, sastra, bahkan olahraga. Para siswa juga diajak untuk memahami alat peraga dari pelajaran IPA yang mereka buat mulai dari peragaan, prosedur hingga penggunaan,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, para siswa menampilkan karya yang sudah mereka buat sebelumnya selama tiga tahun bersekolah. Karya siswa sejak kelas VII hingga kelas IX ini, meliputi bidang iptek, seni, sendratari, drama, dan lainnya.

“Semua dari kreasi siswa, mulai dari desain stand, hingga penataan isinya,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMP N 1 Banjarnegara, Rujiman mengatakan, kegiatan ini digelar secara turun temurun sebagai wadah untuk menumbuhkan kreatifitas para siswa, menghargai karya seni dan karya orang lain. Sekaligus memupuk prestasi para siswa.

“Tidak hanya sekadar tampil, tetapi siswa juga harus memahami makna pada sesuatu yang ditampilkan. Mereka juga harus dapat menceritakan kembali kepada orang lain, apa pesan dan kisah dari yang mereka tampilkan,” ujarnya. (oel)