PAMERAN desain batik karya guru dan siswa SMPN 5 Purwokerto yang dipamerkan di sekolah setempat, Kamis (28/9).

PURWOKERTO, SATELITPOST- Sebanyak 45 gambar desain batik SMP Negeri 5 Purwokerto dipamerkan di lobi sekolah setempat. Pameran tersebut berlangsung selama sepuluh hari, mulai Rabu (27/8) sampai Sabtu (6/10).

‎Menurut Kepala SMPN 5 Purwokerto, Sugeng Kahana, kegiatan yang dimotori guru seni sekolah setempat, Cipto Pratomo tersebut sengaja digelar untuk memperingati Hari Batik Nasional juga Internasional tahun 2017. Dalam pamerannya, selain karya Cipto, juga dipamerkan karya siswa dan guru setempat. Karya tersebut dibuat dengan media kertas gambar A3 juga A2 dengan pewarna dari crayon‎, pinsil warna, spidol dan cat acrylic. “Karya-karya ini merupakan goresan dari siswa kelas VIII,” kata dia.

‎Karya tersebut mengambil motif dasar batik  Banyumas seperti motif lumbon, motif jae, motif  kawung dan motif-motif baru dari pengembangan motif yang sudah ada. Seperti motif kuda lumping, bawor, dan motif sinom‎.

Dengan adanya pameran tersebut, selain memperingati hari batik, ia berharap siswa bisa mengapresiasi karya yang dipamerkan. Sebab, dengan menggambar dan memamerkan karyanya akan timbul semangat baru untuk selalu berkarya. “Dan, akhirnya mereka akan tambah cinta terhadap seni batik, juga tidak segan untuk mengenakannya,” katanya.

Selain itu, pameran tersebut menurut dia, juga sebagai sarana edukasi dan sarana hiburan yang mendidik. “Mudah-mudahan kedepan kita semua bisa mempertahankan keberadaan seni adiluhung ini yang telah ditetapkan oleh PBB bahwa batik milik Indonesia. Kami dari warga SMP 5 sengaja pamerkan desain batik mulai rabu walaupun hari batik tepatnya jatuh tgl 2 0ktober. Senin 2 0ktober kami pun akan mengadakan upacara peringatan nya dan semua warga sekolah akan mengenakan batik,” kata dia. (alf)