PEMBICARA tengah menjelaskan terkait sertifikasi dosen di STMIK Amikom Purwokerto, Rabu (14/3).SATELITPOST/ALFIATIN

‎PURWOKERTO, SATELITPOST-Koordinato Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) VI bersama Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Komisariat III dan IV menggelar sosialisasi sertifikasi dosen di Aula STMIK Amikom Purwokerto, Rabu (14/3).

‎Ketua STMIK Amikom Purwokerto, Dr Berlilana MSi, mengatakan sertifikasi dosen merupakan satu pengakuan. “Alhamdulillah kami dapat kepercayaan dari Kopertis dan APTISI untuk menggelar program sertifikasi dosen,” kata dia.

Menurut dia, sertifikasi dosen penting supaya bisa melanjutkan ke jenjang selanjutnya. “Mudah-mudahan nantinya saat menulis portofolio sudah mumpuni dan terus berkembang semakin baik,” katanya.

Kegiatan serupa menurut dia juga dilakukan di masing-masing komisariat. Hal ini bertujuan agar sosialisasi berjalan efektif. Sebab, jika kegiatan ini dilakukan dengan jumlah peserta terlampau banyak, dikhawatirkan penyampaian materi tidak terserap secara optimal.

Sementara itu, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Amsar SH MM mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberikan bekal untuk dosen dalam mengikuti sertifikasi. Karena berdasarkan fakta, menurutnya penyebab ketidaklulusan dalam sertifikasi dosen karena ketidaksesuaian informasi tentang proses sertifikasi dosen.

“Juga ada perubahan pola penilaian. Nanti akan kita laksanakan juga sosialisasi terkait penilaian yang baru. Supaya setiap dosen yang akan disertifikasi mengetahui tata cara atau prosedurnya. Supaya para dosen di Jawa Tengah ini bisa lulus semakin banyak,” katanya. (adv)