PERSONEL TNI dari Kodim 0704 Banjarnegara melakukan kunjungan di Pesantren Al Manshurah Banjarmangu, Banjarnegara.

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Jajaran TNI Kodim 0704 Banjarnegara melakukan kunjungan dan melakukan penanaman jiwa nasionalisme di pesantren.

Komandan Kodim 0704 Banjarnegara Letkol Inf Bagas Gunanto mengatakan, pendidikan pesantren merupakan sebuah pendidikan yang juga mencetak kader generasi bangsa, sehingga para santri yang ada di lingkungan pesantren juga harus memiliki pemahaman akan jiwa nasionalisme serta wawasan kebangsaan.

“Kami masuk ke pesantren untuk memberikan pembekalan sebagai generasi bangsa, mereka juga memiliki hak yang sama dengan warga negara lain, sehingga mereka paham akan jiwa nasionalis dan wawasan kebangsaan. Pemahaman ini juga sekaligus menangkal akan radikalisme dan terorisme,” katanya.

Menurutnya, kunjungan ke Pesantren Al Manshurah Banjarmangu ini menjadi bagian dari upaya prajurit TNI dalam mengenalkan wawasan kebangsaan pada masyarakat, termasuk santri yang berada di lingkungan pesantren.

“Usia para santri ini rata-rata 10 hingga 15 tahun, untuk itu kami memberikan materi wawasan kebangsaan sesuai dengan usia mereka, termasuk melalui kegiatan outbond. Kami juga mengajak para santri ini untuk belajar lebih giat, sebab ilmu pengetahuan sangat penting sebagai bekal mereka di kehidupan kelak,” ujarnya.

Selain itu, perkembangan dunia global yang terjadi saat ini juga harus diwaspadai. Dunia internet jika tidak dimanfaatkan dengan baik justru akan membahayakan generasi bangsa. Untuk itu, prajurit TNI dari Kodim 0704 Banjarnegara ini meminta para santri memanfaatkan teknologi termasuk internet untuk kegiatan yang positif.

“Jangan mudah percaya dengan isu-isu yang ada di media sosial, apalagi isu yang bersifat provokatif dan negatif. Waspadai konten yang menghina, menghasut, bahkan provokasi atas nama agama yang dapat mengancam bangsa dan negara,” ujarnya.

Pengasuh Ponpes Al Manshurah Ustaz Susiyanto mengatakan, kegiatan dan pemahaman wawasan kebangsaan yang dilakukan oleh jajaran TNI dari Kodim 0704 Banjarnegara ini sangat penting bagi para santri sebagai generasi bangsa. Dalam ajaran agama juga umat islam wajib membela Tanah Air. “Ini sangat positif, dan kami sangat mendukung kegiatan tersebut,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa pesantren bisa menjadi filter dalam perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin tidak terkendali. Santri yang memiliki bekal agama dan dilengkapi dengan pengetahuan dan wawasan kebangsaan tentu akan menjadi satu solusi dalam mencegahan paham radikal yang selama ini mengatasnamakan agama hingga mengancam keutuhan NKRI. (oel)