PURWANEGARA, SATELITPOST-Hujan deras yang terjadi, Kamis (4/1) pagi, menyebabkan rumpun bambu yang ada di tebing Dusun Kromong, Desa Kalitengah, Kecamatan Purwanegara ambrol. Longsoran material, menutup akses jalan utama warga setempat.

Jalan tersebut, merupakan akses utama warga dalam pertumbuhan ekonomi karena merupakan satu-satunya akses menuju pasar Merden dan jalur alternatif menuju Kebumen.

“Kejadiannya sekitar pukul 08.00 WIB, banyak warga yang terjebak tidak bisa melintas. Kami bersama warga dan dibantu anggota Polsek, melakukan pembersihan material agar akses jalan kembali bisa dilalui,” kata Danramil 08 Purwanegara, Kapten Inf Puji Budi santoso.

Menurutnya, wilayah Banjarnegara memang diguyur hujan sejak pagi. Sehingga, sangat rawan terjadinya tanah longsor. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, khususnya mereka yang ada di wilayah rawan longsor.

“Saat ini curah hujan masih tinggi, masyarakat harus tetap waspada. Banyak ruas jalan di Banjarnegara yang sampingnya tebing dan rawan longsor. Tidak hanya itu, ancaman angin puting beliung juga harus diwaspadai,” katanya.

Kapolsek Purwanegara, AKP Muhammad Nur Salim mengatakan, longsor yang terjadi di Desa Kalitengah memang sempat menutup akses jalan. Bersama warga dan jajaran TNI Kodim 0704 Banjarnegara, anggotanya terjun langsung dan membersihkan material longsoran.

“Bersama-sama kita bersihkan longsoran, sehingga akses jalan kembali normal. Sempat terjadi kemacetan saat pembersihan, lalu lintas di wilayah itu cukup ramai saat pagi hari,” ujarnya.

Akses jalan kembali normal setelah dilakukan pembersihan, namun warga yang melintas harus ekstra hati-hati. Sebab, sisa lumpur material longsoran masih banyak di jalananan dan menyebabkan jalan menjadi licin. (oel)

Komentar

komentar