SUASANA kebersamaan TNI dengan warga saat kegiatan posyandu.

MANDIRAJA, SATELITPOST-Tugas prajurit TNI dalam menjaga keutuhan NKRI, tidak hanya perang semata. Namun ada tugas yang lebih besar, yakni menjaga keutuhan NKRI melalui kebersamaan dengan rakyat. Untuk itu, seorang prajurit dituntut serba bisa dan memahami kondisi wilayah binaannya.

Bagi seorang prajurit TNI, rakyat diibaratkan ibu kandung sendiri. Sehingga, kebersamaan dan membantu rakyat adalah sebuah kebangaan.

Demikian disampaikan Komandan Kodim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf Bagas Gunanto melalui Bati Taud Koramil 07 Mandiraja Serma Germawan. Menurutnya, selain menjaga kondusifitas wilayah, pihaknya juga sering terjun ke lapangan melakukan pendampingan termasuk menggiatkan Posyandu di desa bersama masyarakat.

“Pemeriksaan posyandu ini sangat penting, karena ini bagian dari menyiapkan generasi mendatang yang sehat dan cerdas. Kami terus mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk aktif dan memeriksakan balitanya secara rutin. Pokoknya prajurit TNI itu, harus serba bisa,” katanya.

Kepala PLKB Mandiraja, Sucipto mengatakan, kesehatan ibu dan anak khususnya balita, sangatlah penting. Termasuk pentingnya KB, demi mengatur jarak kelahiran anak yang terencana, sehingga upaya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

“Pelaksanaan KB bukan hanya milik ibu-ibu, namun peran serta aktif juga diharapkan dari para suami. Harapannya, jika ada kendala kesehatan terhadap proses KB para ibu maka suami juga memiliki peran,” katanya.

Staf Kesehatan Desa, Umu Latifah, sangat mengapresiasi peran aktif semua pihak, termasuk keterlibatan jajaran TNI yang selalu membantu dalam suksesi program KB. Dalam kegiatan posyandu ini, juga dilakukan penimbangan dan pemberian makanan tambahan bagi balita. (oel)