KEPALA sekolah memberikan sambutan pada prosesi serah terima murid baru KB dan TK Al Azhar Cilacap di halaman sekolah setempat, Senin (9/7). ISTIMEWA

DAYEUHLUHUR, SATELITPOST- Bupati Cilacap secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2018 yang diselenggarakan Kodim 0703/Cilacap di Desa Panulisan Barat, Kecamatan Dayaehluhur, Kabupaten Cilacap, Selasa (10/7/2018).

 

Pembukaan ditandai dengan pemukulan kentongan dan penyerahan alat kerja. Serta penyematan tanda oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji usai menjadi inspektur upacara.

 

Hadir dalam upacara pembukaan Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto, Palaksa Lanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Joko Prayitno, Kapolres Cilacap yang diwakili Kapolres Dayaehluhur AKP Gatot Udi Winarno, Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian, Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Ahmad Arifin SH MM, para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 0703/Cilacap, kepala desa dan kepala dinas SKPD Kabupaten Cilacap, unsur Forkompimcam Dayaehluhur, serta masyarakat setempat.

 

Dalam laporannya yang dibacakan Pasiter Kapten Inf Marjono menyampaikan, kesiapan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018 serta sasaran yang harus dicapai pada kegiatan TMMD yang meliputi sasaran fisik maupun non fisik.

 

Untuk sasaran fisik meliputi pengaspalan jalan sepanjang 1.950 m, pembangunan makadam 200 meter, pembangunan gorong-gorong satu unit. Serta rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 16 unit.

 

Sedangkan untuk sasaran non fisik meliputi pelayanan pengobatan gratis, pelayanan KB, pembuatan akta gratis, dan masih banyak yang lainnya. Termasuk di dalamnya berupa bantuan yang datang dari SKPD, BUMN, dan BUMD.

Dalam pembukaan TMMD Sengkuyung tahap 2 kemarin, Bupati dan Dandim Cilacap menandatangi naskah bersama. Dan selanjutnya menyerahkan sasaran TMMD dari Bupati Cilacap kepada Dandim Cilacap selaku Dan Satgas TMMD. Selain itu juga penyerahan alat peralatan kerja dari Bupati Cilacap selaku inspektur upacara kepada perwakilan Satgas TMMD dan masyarakat.

Dalam amanatnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dibacakan Bupati Cilacap disampaikan, agar Ramadan dan Idulfitri kemarin diharapkan bisa kian memperkuat iman dan ketakwaan masyarakat. Tak hanya itu, juga bisa menjadi momentum yang luar biasa untuk saling memaafkan dan menambahkan semangat baru dalam merajut kebersamaan serta gotong royong demi menata dan membangun kehidupan yang lebih baik.

 

Selain itu, Gubernur juga memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah karena mampu mensukseskan gelaran Pilkada Jawa Tengah dan kabupaten/kota dengan lancar, aman dan demokratis.

 

Lebihlanjut Ganjar mengungkapkan TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong-royong membangun bangsa.

 

TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa namun juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

 

Dalam kegiatan TMMD, semua bahu-membahu memberikan sumbangan pikiran, ide, dan gagasan, tenaga dan keterampilan, serta materi dan kebendaan lainnya.

Oleh karena itu dia sangat senang dan mendukung kegiatan yang berbasis kegotong-royongan untuk kemaslahatan. Sebagaimana TMMD yang dirasakan sangat membantu aksesibilitas masyarakat yang lebih layak dan sehat.

 

“Ayo kita sengkuyung bareng-bareng program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat desa. Bangun desa tanpa meninggalkan kearifan lokal, desane maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakat komplet, SDMnya semakin berkualitas, mandiri, punya spiritual tinggi, kreatif dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat dan lestari kebudayaannya,” kata dia.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat dikonfirmasi Satelitpost menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi program TMMD dalam program pembangunan perdesaan. Terutama dalam pembangunan fisik infrastruktur jalan.

Dengan pelaksanaan pembangunan melalui TMMD dirasakan sangat membantu Pemkab Cilacap dalam percepatan pembangunan di perdesaan yang terpecil dan belum bisa didanai secara maksimal karena keterbatasan anggaran pemkab.

ā€œPemkab sangat terbantu dengan TMMD ini dan program ini akan terus dilanjutkan selain melestarikan budaya dan semangat gotong-royong masyarakat juga efesien anggaran,” ujar dia.

 

Hal senada juga disampaikan Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto, TNI berkomitmen turut ambil bagian mendukung dan menyukseskan program Pemkab Cilacap dengan Bangga Mbangun Desa dengan manunggal bersama pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan Cilacap sejahtera.

Rangkaian kegiatan pembukaan TMMD diakhiri dengan penyerahan bantuan oleh Bupati Cilacap didampingi Forkompimda Cilacap.(lim)