Ilustrasi

CILACAP, SATELITPOST- Eks peserta seleksi perangkat desa serentak yang dilaksanakan di Kecamatan Nusawungu terus berupaya mencari kejelasan. Usai mendatangi Gedung Dewan kemarin lusa, mereka melayangkan surat aduan kepada Ketua DPRD Cilacap.

“Belum (komunikasi secara langsung dengan DPRD, red) sementara komunikasinya lewat handphone,” ujar salah satu eks peserta seleksi yang enggan disebutkan namanya, Selasa (15/5).

Temuan-temuan dari kami itu harus dibuktikan oleh pengawas dan panitia desa. Artinya itu kan dugaan kalau toh tidak terbukti ada pelanggaran atau indikasi kami legowo artinya menerima.

Eks Peserta Seleksi Perangkat Desa

Dijelaskan para eks peserta seleksi perangkat desa akan tetap mencari kebenaran dari apa yang telah mereka adukan ke DPRD. Meskipun pihak kecamatan mengungkapkan tak akan mengakomodir tuntutan mereka tentang pengadaan seleksi ulang dan penolakan hasil seleksi yang telah dilakukan kemarin.

“Pokoknya kita minta hasil tim investigasi seperti apa, jadi aksi kami kemarin ke dewan adalah mencari kebenaran,” ujarnya.

Menurutnya, meskipun nantinya sudah dilakukan pelantikan. Pihaknya akan tetap meminta hasil investigasi apa yang diadukan. Serta duduk bersama dengan pihak-pihak terkait.

“Temuan-temuan dari kami itu harus dibuktikan oleh pengawas dan panitia desa. Artinya itu kan dugaan kalau toh tidak terbukti ada pelanggaran atau indikasi kami legowo artinya menerima,” katanya.

Camat Nusawungu, Agus Firmanudi sebelumnya juga menegaskan, pengaduan tidak mengganggu tahapan.

“Adanya pengaduan tidak mengganggu tahapan yang sudah direncanakan. Karena kami tidak melihat ada indikasi pelanggaran, ya untuk permohonan tes ulang tidak kami akomodir,” katanya.

Dikatakan, dengan adanya aduan tersebut pihaknya juga siap untuk memberikan keterangan.

“Perkara mereka menyampaikan hal ini kepada wakil rakyat yaitu hak mereka. Pada prinsipnya kita siap memberikan informasi kepada mereka,” katanya.(and)