PURWOKERTO, SATELITPOST-Kesebelasan Banyumas Muda tidak perlu melewati tahapan kualifikasi menuju Porprov mendatang. Meski demikian, tim tersebut sudah disiapkan jauh-jauh hari.

Ketua PSSI Banyumas, H Sutarno membenarkan hal ini. Menurutnya, tim tersebut sudah dibentuk sejak Agustus lalu. “Kita tidak kualifikasi, tapi sebagai juara bertahan kita punya tugas berat untuk mempertahankan prestasi,” kata dia kepada SatelitPost kemarin.

Menurutnya, tim yang akan bertanggung jawab untuk membawa nama Banyumas di Porprov nanti terdiri atas 26 pemain. Selain itu, tim juga akan diisi beberapa staf pelatih. Tim ini sudah mulai berlatih untuk menghadapi gelaran tersebut. “Sekarang porsi yang harus dijalani adalah latihan dua kali seminggu,” ujar Sutarno.

Latihan ini dilakukan selama dua hari, Sabtu dan Minggu di GOR Satria Purwokerto. Yakni, pada Sabtu sore atau Minggu pagi dan sore. Meski demikian, porsi tersebut bisa bertambah. “Kita bisa menambah porsi latihan, kalau anak-anak punya waktu senggang. Rabu sore kita juga latihan,” ujar dia.

Selain latihan rutin, tim lanjut Tarno juga sudah menjalani beberapa kali laga uji coba. Laga ini dilakukan langsung dengan tim-tim yang berpotensi turun menjadi lawan Banyumas di Porprov mendatang. “Hasilnya alhamdulillah memuaskan,” kata dia.

Soal pemusatan latihan, Sutarno mengatakan, untuk sekarang ini jajarannya belum memiliki anggaran. Sebab, dana yang dijalankan untuk pemusatan latihan tim sepakbola tidaklah sedikit. “TC (pemusatan latihan, red) itu kan butuh dana besar. Makan, menginap, kita nggak ada anggaran,” ujar dia.

Sutarno menambahkan, di Porprov mendatang, Kesebelasan Banyumas akan langsung menuju putaran akhir kompetisi. Sebab, Banyumas merupakan juara bertahan kompetisi. Dengan posisi tersebut, Banyumas tak perlu mengikuti laga kualifikasi layaknya tim-tim tetangga.(pan)

Komentar

komentar