UMP Kembangkan 11 Game Edukatif

PURWOKERTO, SATELITPOST-Pusat Pengembangan Multimedia Pembelajaran (PPMP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengembangkan 11 game edukatif‎. Dan sebanyak 6 game edukatif tersebut resmi di rilis dalam coffee morning di kampus setempat, Rabu (10/1).

“UMP mulai mengembangkan game edukatif. Saat ini ada 6 game yang siap diluncurkan. Khususnya untuk siswa kelas IV SD dan siswa kelas VII SMP untuk mata pelajaran Matematika dan Biologi,” kata developer  PPMP FKIP UMP‎, Malik Muhammad.

Dalam game tersebut, menurut dia sengaja diambil tokoh-tokoh lokal. satu di antaranya, Game Bawor Adventure, dengan tokoh Bawornya. Permainan tersebut bertujuan memperkenalkan budaya Banyumas.

Game ini berkisah tentang petualangan tokoh Bawor, tokoh pewayangan yang identik dengan Banyumas. Ia diberi mandat oleh orangtuanya untuk membantu masyarakat Banyumas dalam mengumpulkan alat untuk keperluan adat Banyumas,” kata dia.

Pemain Game Online Bawor Adventure menurutnya akan diajak bertualang ke berbagai tempat, mulai alam pedesaan yang indah hingga kompleks candi. Di sepanjang perjalanan, Bawor akan dituntut untuk menemukan peralatan untuk menggelar berbagai budaya adat Banyumas. Seperti sintren, jemblung, ebeg, dan lainnya.

Menurut dia, di dalam game yang dikembangkan itu juga mengandung nilai dan prinsip-prinsip Islami yang tidak bisa dilepaskan dari jati diri UMP sebagai kampus Muhammadiyah. Game ini dikembangkan dengan sasaran pengguna anak sekolah dasar dan remaja di sekolah menengah pertama.

Gim Bawor Adventure ini menjadi angin segar di tengah minimnya game yang mendidik. Selain Bawor Adventure, ada lima game online lain yang diluncurkan UMP. Yang dapat dimainkan hanya dengan mengakses laman resmi UMP, yakni ump.ac.id.

“Saat ini ada enam game online yang siap diluncurkan oleh PPMP kepada masyarakat. Dengan kapasitas sangat ringan. Sehingga dapat terakses dengan cepat,” katanya.

Ke depannya, ia juga mengatakan telah siap mengembangkan seri lanjutan game tersebut. Sehingga akan turut memberi dampak pada pendidikan di Indonesia. “Dan UMP akan selalu menjadi yang terdepan wujudkan cita-cita bangsa Indonesia,” kata dia.‎ (alf)