SISWA SMK Wijaya Kusuma Cilacap saat mengikuti simulasi UNBK, Kamis(1/2).Dok SATELITPOST/CR2

PURWOKERTO, SATELITPOST-Kemeneterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan perubahan dalam ujian nasional SMA/SMK tahun 2018 nanti. UNBK tahun 2018 ini akan ada soal berbentuk isian khusus untuk mata pelajaran Matematika.

Hal tersebut diungkapkan Kasi SMA/SLB Balai Pengendali Pendidikan Khusus dan Menengah (BP2MK) Wilayah V Banyumas, Yuniarso K Adi. Menurutnya, jika tahun sebelumnya semua soal dalam UNBK berbentuk pilihan ganda, di tahun 2018 ini rencana akan ada soal isian khusus mapel Matematika. “Ada soal isian untuk UNBK Matematika. Tapi masih uji coba,” kata dia.

Menurut dia, isian berbeda dengan esai. Isian hanya berisi jawabannya saja, sementara esai berisi mengenai penjabaran beserta jawaban. “Jadi misalnya empat ditambah satu sama dengan lima. Maka jawabannya lima, angka itu diisikan ke dalam komputer UN,” katanya

Namun, meskipun sudah direncanakan UNBK Matematika ada soal berbentuk isian, tapi sampai saat ini aplikasi belum bisa mengolah jawaban tersebut. “Memang ada, tapi persentasenya berapa kami masih belum tahu persisnya. Karena sampai saat ini juga masih uji coba. Aplikasi belum bisa mengolah jawabannya,” kata dia.‎ Sementara untuk 12 mapel Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menurutny sudah dipastikan akan ada soal esainya. (alf)