ANGGOTA Jaspinka (Jaringan Satra Pinggir Kali) Gumelar sedang membaca puisi di acara 'Rakyat Baca Puisi' di Pendapa Kecamatan Ajibarang, Sabtu (29/4). SATELITPOST/AULIA EL HAKIM

BANYUMAS, SATELITPOST-Puluhan sastrawan dan warga biasa bergilaran membaca puisi di Pendapa Kecamatan Ajiabarang pada acara bertajuk ‘Rakyat Baca Puisi’. Sastrawan, pelajar, kepala sekolah hingga perangkat desa turut meramaikan peringatan Hari Puisi yang diselenggarakan Komunitas Orang Pinggiran (KOPI) tersebut.

Acara yang diselengarakan KOPI ini dihadiri oleh berbagai sastrawan di Barlingmascakeb. Komunitas puisi di Purwokerto seperti Garba Aksara dan Pondok Pena juga harus ke pinggiran Banyumas, menuju Ajibarang untuk merayakan Hari Puisi pada Sabtu (29/4).

Sejumlah pelajar SD dan SMP dari Ajibarang hingga Gumelar bergiliran menunjukan karya terbaik mereka. Geguritan sebagai khas asli sastra Jawa juga dibacakan oleh beberapa seniman setempat.

“Kami memilih tema acara ‘Rakyat Baca Puisi’ karena kami berusaha membangun sastra yang orisinil, asli dari karya rakyat itu sendiri. Kejujuran apa yang rakyat rasakan, ” kata Nanang Anna Noor, panitia kegiatan tersebut.

Begitu pula menurut Ketua KOPI, Wanto Tirta. Menurutnya, ‘Rakyat Baca Pusi’ adalah ikhtiar menjembatani kreatifitas agar tetap tumbuh menjadi karya yang berguna bagi bangsa.

“Kita ini terdiri rakyat berbagai kalangan yang ingin berkarya secara bebas tanpa terkotak- kotak dan ingin membangun bangsa bersama-sama, sejujur jujurnya. Mulai dari pinggiran, ” kata dia. (kim)