WAKIL Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko didampingi Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, menyerahkan bantuan 25 unit kursi roda kepada penyandang disabilitas usai rapat sosialisai penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Banjarnegara, Kamis (12/7). ISTIMEWA

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Pemerintah selalu berusaha memberikan perhatian kepada masyarakat kurang beruntung, karena hal tersebut sesuai dengan tujuan negara yang identik dengan misi sosial melindungi segenap bangsa, bukan individu atau kelompok.

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, dalam rapat sosialisai penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Banjarnegara, Kamis (12/7).

“Potensi setiap warga negara tidaklah sama, sehingga perlu keberpihakan, perlu pemberdayaan bagi warga kurang beruntung. Di sinilah tugas pemerintah bersama masyarakat lain,” kata Heru.

Para pekerja sosial yang di dalamnya adalah pendamping program keluarga harapan (PKH), tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), sakti peksos, dan koordinator tenaga sosial (TKS), selama ini sudah bekerja keras untuk membantu suksenya program-program pengentasan kemiskinan.

Butuh Komitmen dan Sinergitas

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengatakan, sejauh ini pemerintah daerah tidak hanya berupaya menyelesaikan permasalahkan kemiskinan dengan menangani keluarga miskin saja. Tetapi, program peningkatan taraf hidup masyarakat diupayakan melalui pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Tahun 2018, pemerintah mengalokasikan dana penanganan kemiskinan berupa bantuan beras sejahtera untuk 75.253 kepala keluarga penerima.

“Setiap KK mendapatkan masing-masing 10 kilogram,” ujarnya.

Tidak hanya itu, peningkatan ekonomi juga dilakukan melalui bantuan ternak kambing untuk 430 KK, program keluarga harapan 52.553 KK, serta pelayanan kesehatan melalui BPJS dan Jamkesda.

“Untuk mewujudkan semua itu membutuhkan komitmen dan sinergitas antara program pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat, utamanya para pegiat sosial,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan bantuan 25 kursi roda kepada penyandang disabilitas di Banjarnegara yang secara simbolis diserahkan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko kepada Andana Rafli Andika dan Saudara Slamet Suroso.

Kemudian diserahkan juga sertifikat KPM Graduasi Mandiri untuk tiga orang, dan sertifikat kepada anak berprestasi dari KPM PKH sebanyak lima orang. (maula@satelitpost.com)