CILACAP, SATELITPOST-Menjelang libur Hari Raya Idulfitri, tidak sedikit masyarakat yang mudik ke kampung halaman sehingga harus meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong.

Untuk menghindari adanya permasalahan yang tidak diinginkan, seperti kebakaran rumah, Manager PLN Area Cilacap, Ahmad Mustaqir mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan aliran listrik dalam keadaan mati saat meninggalkan rumahnya.

“Himbauan kami untuk warga, jika akan meninggalkan rumah baik untuk melaksanakan ibadah saat Ramadan, dan saat akan mudik Lebaran, dipastikan alat listrik dalam keadaan mati atau sudah diamankan semua,” ujarnya, kemarin.

Selain itu, juga pihaknya berharap, dalam Bulan Ramadan ini masyarakat menggunakan listrik secara bijak.  Meskipun, kata dia biasanya penggunaan listrik pada saat Lebaran menurun dibandingkan hari-hari biasa.

PLN, kata dia juga sudah melakukan antisipasi gangguan listrik selama Ramadan sampai Idulfitri besok. Dengan melakukan pemeliharaan secara rutin dengan memangkas pohon yang dekat dengan jaringan listrik, membersihkan jaringan listrik dari layang-layang, serta melakukan pergantian peralatan. “Untuk personel kami lengkap, ada piket yang selalu siaga selama 24 jam dan 7 hari di seluruh rayon. Untuk di area Cilacap pun ada ruangan piket pengendali area,” katanya.

Dia juga mengatakan jika sudah mempersiapkan travo di masing-masing rayon, sehingga apabila  sewaktu-waktu ada gangguan atau kekurangan daya travo, maka bisa langsung diganti. Selain itu, kata Ahmad pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan mitra kerja memiliki punya alat berat, apabila ada gangguan yang agak besar, bisa meminta bantuan sesuai SOP.

Kepala Kepolisian Resor Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Djoko Julianto meminta masyarkaat untuk mewaspadai kejahatan dan bencana yang terjadi sebelum dan paska Idulfitri. Satu diantaranya kebakaran serta ledakan petasan. “Apabila meninggalkan rumah, sampaikan ke tetangga, aparat keamanan atau pihak kepolisian, agar dalam melaksanakan mudik tidak menjadi sasaran kejahatan atau pun jika terjadi kejadian, akan memudahkan aparat menjaga Kamtibmas pada perayaan Idulfitri, sehingga masyarakat bisa melaksanakan libur hari raya dengan aman,” ujarnya. (ale)