Aktivitas Agar Anak Lancar Membaca AIUEO

Bermain menjadi aktivitas yang identik dilakukan oleh anak-anak. Sebagai subjek bermain anak-anak membutuhkan objek atau media untuk bermain. Seringkali anak-anak menggunakan apa saja yang ada di sekitarnya. Tempat pensil yang dijadikan mobil-mobilan, pensil yang ditata menjadi jalan ataupun pasir yang digunakan untuk membuat gunung. Ada banyak ide kreatif yang dimiliki anak-anak.

Saat ini, krisis membaca menjadi perbincangan di setiap media online maupun cetak. Berbagai gerakan masif agar masyarakat gemar membaca. Gerakan Indonesia Membaca diselenggarakan pemerintah di beberapa daerah dan merambah ke sekolah-sekolah formal untuk wajib membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai.

Sejak usia dini, sebaiknya anak-anak mulai diperkenalkan dengan dunia membaca dan menulis secara sederhana dalam suasana bermain. Sebagai tahap awal dalam perkembangannya, anak usia dini mudah untuk menyerap apa yang dilihat, didengar maupun dilakukannya. Belajar mengenal huruf dengan asyik dan tidak membosankan adalah satu langkah awal metode belajar agar anak-anak senang dengan kegiatan belajarnya. Dengan demikian, tanpa diminta pun anak-anak akan belajar dengan penuh semangat saat menggunakan buku aktivitas sebagai sarana belajar.

Buku aktivitas menjadi pilihan yang tepat untuk anak usia dini. Kemampuan konsentrasi anak bisa bertahan lebih lama, daripada melihat konten huruf yang banyak. Buku ini yang dilengkapi dengan aktivitas-aktivitas permainan yang menantang membuat anak tidak terasa sedang belajar. Tanpa disadari pula anak bisa membaca dengan lancar. Desain buku yang berwarna dan ilustrasi yang menarik serta sesuai dengan tema yang ada di PAUD, membuat buku ini semakin menarik untuk dibaca. Memudahkan orangtua maupun guru untuk belajar membaca sambil bermain.(*)

Peresensi:
Ika Nurhanifah
Mahasiswa Prodi PIAUD IAIN Purwokerto dan menjadi Guru di PAUD Wadas Kelir

Judul        : 50 Aktivitas Agar Anak Lancar Membaca AIUEO
Penulis      : Heru Kurniawan& Titi Anisatul Laely
Halaman      : ii + 52 halaman
Tahun Terbit : Cetakan I, 2017          
Penerbit     : Penerbit Bhuana Ilmu Populer
ISBN         : 978-602-394-812-3