Bulan Mei yang lalu, aku mengikuti seleksi lomba Sinopsis. Pada hari itu aku ditugasi membuat sinopsis dengan judul Tuanku Tambusi yang harus dikerjakan di rumah. Aku diberi waktu selama dua hari.

Setelah waktu yang ditentukan, Pak Agus Guru Olahragaku datang ke rumah sekitar pukul 09.00 pagi untuk menjemputku. Tanpa berpikir lama aku pun siap- siap untuk pergi bersama pak guru yang sudah menunggumu beberapa menit di depan rumah.

Sesampai di sekolah suasana sepi. Saat itu anak- anak libur karena kelas 6 tengah ujian. Aku mendapat kabar dari Bu Rofah bahwa karyaku yang terpilih untuk maju lomba ke tingkat kecamatan dalam rangka Hari Pendidikan. Setelah aku tahu bahwa aku yang terpilih, aku merasa senang tetapi juga takut. Aku takut karena merasa tidak bisa.

Keesokan harinya aku dijemput lagi oleh guruku untuk latihan. Kali ini bukan Pak Agus yang menjemputku tapi Bu Rofah, guru agamaku. Beberapa hari aku berlatih dan hasil karyaku dikirim ke kecamatan. Akhirnya pengumuman pun dilaksanakan. Tidak disangka, setelah sinopsisku dinilai juri, ternyata aku ikut dalam 6 besar. Aku harus ikut final, menceritakan sinopsisku. Karena itu aku berlatih sungguh- sungguh agar dapat menjadi juara. Aku berlatih terus hingga aku benar-benar hafal, siap mengikuti lomba. Malam harinya, aku masih harus ke rumah Bu Umdah yang membimbingku. Terutama di hari akhir menjelang lomba esok harinya. Aku cuma memiliki waktu tinggal satu malam untuk menghafal naskahku. Bukan hal yang mudah bagiku untuk menghafal dua lembar naskahku dalam waktu semalam. Namun aku terus berusaha agar dapat menghafallkannya dengan baik.

Keesokan harinya aku maju lomba. Aku diantar Bu Umdah dan Bu Rofah. Di sana aku mendapat nomor undian 3. Aku benar-benar takut dan gelisah saat itu. Tetapi aku juga senang karena mendapat banyak kawan baru.

Setelah usai liburan seminggu, akhirnya aku berangkat kembali. Hari pertama masuk kami diikutkan kegiatan jalan sehat di SD Pangebatan. Pada saat itulah diumumkan nama- nama pemenang dari berbagai lomba. Termasuk juga lomba sinopsis. Betapa bahagianya aku ketika namaku disebut menjadi juara 3 lomba sinopsis tingkat kecamatan. Walaupun aku baru mendapatkan juara tiga, aku tidak putus asa. Semoga di tahun berikutnya aku bisa mendapatkan juara satu.

Karya:

Ririn Rahmawati

Kelas 5b SDN 1 Kediri UPK Karanglewas