AYO siapa di antara kalian yang sangat suka makan ikan? Baik itu ikan air tawar atau pun ikan laut? Wah ternyata banyak yang suka mengonsumsi ikan ya?

Kalau boleh kakak tahu, ikan apa saja yang sering kalian konsumsi? Ya, ada banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi manusia. Untuk jenis air tawar ada ikan lele, patin, gurameh, bawal, mujair nila. Sedangkan untuk ikan air laut, kalian pasti nggak asing dengan ikan tongkol, salmon, bawal laut, cucut serta beragam jenis seafood yang rasanya nggak kalah lezat.

Ikan memang makanan yang enak dan bergizi, sehingga tak heran banyak anak yang menyukainya dan sekarang menjadi bahan makanan yang sangat populer. Tapi kalian harus berhati-hati, karena ikan yang tidak boleh dikonsumsi. Apakah itu? Mengutip dari bobogrid.id ini dia ikan-ikan yang nggak boleh kalian makan ya.

Ikan Todak (Swordfish)

Ikan todak atau ikan pedang merupakan salah satu jenis ikan yang tak boleh dikonsumsi. Kenapa? Menurut Frankie Terzoli, ikan todak memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Kandungan merkuri yang ada di dalam tubuh ikan tidak akan berkurang. Jadi, semakin besar dan semakin tua usia si ikan, kandungan merkuri yang ada di dalam tubuh si ikan pun akan semakin banyak.

Hal lain yang membuat ikan ini tidak boleh dikonsumsi adalah proses penangkapannya. Biasanya, ikan todak ditangkap dengan menggunakan long line (tali pancing yang disusun panjang dengan umpan di setiap ujungnya). Konon, cara penangkapan seperti itu akan mengancam keselamatan hewan lain, seperti penyu, hiu, hingga burung laut.

Ikan Gindara (Escolar)

Gindara atau yang kita kenal dengan sebutan escolar memang memiliki daging yang lezat. Selain itu, ikan ini juga mengandung zat lemak bernama gempylotoxin yang membuat rasa ikan ini semakin lezat. Akan tetapi, ikan gindara termasuk salah satu ikan yang tidak boleh dikonsumsi atau dibatasi jumlah konsumsinya.

Ternyata, daging gindara yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan diare. Selain itu, zat bernama gempylotoxin yang ada di dalam daging ikan gindara juga bisa menyebabkan masalah pada usus kita jika dikonsumsi secara berlebihan. Wah… kalau begitu, berapa banyak jumlah daging ikan gindara yang bisa kita konsumsi? Konon, jumlah maksimal yang disarankan saat mengonsumsi daging ikan gindara adalah 6 ons atau kurang dari itu.

Ikan Mahi-mahi

Ikan besar yang berwana hijau ini menjadi salah satu makanan yang digemari pecinta kuliner laut. Tapi, kita harus berhati-hati, karena ikan ini termasuk salah satu ikan yang harus kita hindari konsumsinya. Kenapa begitu?

Konon, ikan mahi-mahi yang tidak disimpan dengan benar bisa memiliki kandungan racun yang bisa menyebabkan penyakit seperti alergi. Kandungan racun itu berasal dari asam amino histidin yang dipecah oleh bakteri. Selain menyebabkan penyakit seperti alergi, ikan mahi-mahi juga bisa menyebabkan keracunan histamine atau keracunan scrombroid.(tha)