Ilustrasi

SEBAGAI makhluk sosial, kita pasti suka menjalin pertemanan. Bisa dengan teman di sekolah, teman di lingkungan rumah, atau teman di tempat les. Beberapa di antaranya menjadi teman karib. Karena sering bertemu. Semisal sudah bertemu di kelas, eh di tempat les juga bertemu. Nah, Sahabat Satelikidz sekarang punya berapa teman karib?

Menjaga teman atau sahabat gampang-gampang susah ya. Kadang tanpa sengaja ketika bercanda, satu teman tersinggung. Sehingga membuat persahabatan atau pertemanan kita menjadi regang. Padahal kalau boleh jujur kehilangan teman itu menyedihkan, lo! Seperti ada yang hilang dari keseharianmu.

Supaya pertemanan kita langgeng, ada baiknya kalian menghindari beberapa sifat berikut ini. Seperti suka mengejek teman. Semisal dengan mengatakan ke temanmu, iih rambutmu keriting kaya mi goreng! Hei, gendut! Hei kulitmu, kok, gosong, sih! Duuuh…. Siapa yang suka mengatakan hal-hal seperti itu? Jangan sampai, kita bersikap seperti itu, ya. Mengejek itu juga perbuatan yang tidak baik. Tanpa kita sadari, ejekan itu bisa melukai hati orang lain. Ingat, tidak ada orang yang sempurna, lo!

Jangan suka memaksakan keinginan diri sendiri. Mengawali kalimat dengan kata “pokoknya” itu artinya kalian memaksakan kehendakmu kepada orang lain. Ini juga enggak baik, lo.

Jangan suka bicara bohong. Sekali kamu bohong, kamu akan “dipaksa” bohong lagi untuk menutupi kebohongan pertamamu. Begitu seterusnya. Mendingan jujur. Sehingga teman akan mempercayaimu. Dan pasti lebih sayang ke kamu.

Jadilah pribadi pemaaf dan suka meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Enggak usah takut, teman-teman. Semua orang pasti pernah bersalah. Ketika, kamu menyadari kesalahanmu, segeralah meminta maaf. Sesudah itu, berusahalah untuk tidak melakukan kesalahan lagi, ya.  Yuk jaga pertemanan kita.(tha)