Ilustrasi

PERNAH nggak Sahabat Satelitkidz merasakan gatal di kepala? Gatal bukan karena ketombe tapi karena kutu rambut. Hiii….ada binatang kecil di kepalamu. Mereka bersembunyi di antara helai rambut.

Zaman sekarang ini udah jarang sekali ada rambut anak yang berkutu.  Beda ketika zaman dahulu. Banyk sekali, orang memiliki kutu di rambutnya. Nggak hanya anak kecil, bahkan orang dewasa mengalaminya.

Adakah yang tahu dari mana hewan kecil itu datang dan tinggal di rambut kita? Dari laman bobo.grid.id disebutkan nggak semua orang berkutu. Ada juga yang tidak. Kutu yang ada di kepala orang berkutu bisa pindah ke kepala kita saat berjalan beriringan atau tidur bersama. Perpindahan kutu itu biasanya tidak kita sadari. O iya, kutu yang ada di kepala seseorang juga bisa berpindah melalui sisir, topi, bantal, dan handuk.

Kutu rambut senang dengan tempat yang hangat. Ia tidak peduli apakah rambut orang itu bersih atau kotor. Selama tempat itu hangat, ia akan tinggal di sana. Jadi, kutu rambut bisa menyerang siapa saja! Laki-laki dan perempuan, anak-anak dan orang dewasa, semuanya bisa terkena kutu rambut.

Kutu rambut adalah serangga parasit yang bertubuh kecil. Kutu rambut tidak punya sayap, jadi ia akan berpindah tempat dengan cara bergerak cepat melalui helai-helai rambut. Jika kamu menemukan kutu di pundak baju seseorang, kemungkinan kutu itu akan berpindah tempat ke kepala orang lain di sekitarnya.

Agar bisa hidup, kutu rambut akan mengisap darah pada kulit kepala kita. Wah… mirip dengan nyamuk, ya sahabat. Nah, kalau kalian sudah sampai terkena kutu rambut, sebaiknya segera diobati. Kalian bisa beli di apotek obat khusus pembasmi kutu rambut. Jangan sampai kalian dibuat tidak nyaman karena rasa gatal di kepalamu.(tha)