REKTOR Unsoed membantu jalanya Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UNBK) di MAN 1 Purwokerto,Sabtu (13/4).
REKTOR Unsoed membantu jalanya Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UNBK) di MAN 1 Purwokerto,Sabtu (13/4).

 

 

PURWOKERTO, SATELITPOST-Sebanyak 34.754 peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) gelombang I dan II di Purwokerto selama dua hari, Sabtu-Minggu (13-14/4). UTBK di Purwokerto dipusatkan di Universitas Jenderal Soedirman dan dibantu empat SMA Negeri, dua SMK Negeri, SMK Kesatrian, dan dua  MAN di Purwokerto.

Rektor Unsoed, Prof Suwarto mengatakan UTBK merupakan tahapan dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Hasil UTBK yang akan digunakan peserta untuk mempertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi dalam proses SBMPTN.

Dari pantauan SatelitPost, pelaksanaan UTBK di pada hari pertama berjalan lancar tanpa kendala. Sejumlah peserta tampak serius mencermati soal demi soal. Ada yang santai, ada juga yang tampak lesu sambil memegangi kepalanya.

Prof Suwarto mengatakan tahapan UTBK terbagi dalam dua gelombang. Untuk gelombang I dilaksanakan sebanyak sembilan sesi yang berlangsung setiap akhir pekan. Dan gelombang II akan berlangsung 10 sesi yang dilakukan pada 11-2 Mei 2019 setiap akhir pekannya.

Dalam UTBK tersebut juga terbagi dalam kelompok saintek sebanyak 17.059 peserta dan kelompok soshum sebanyak 17.695. “Dari keseluruhan peserta, ada sebanyak 12.195 peserta atau sebanyak 35,09 persen merupakan peserta bidik misi,” kata dia. (alf)