BANYUMAS, SATELITPOST-‎Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas menggelar simulasi penanggulangan bencana di Desa Kemiri, Kecamatan Sumpiuh awal pekan kemarin. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) nasional yang jatuh pada 26 April.

“Upaya kesiapsiagaan ini terus didorong untuk mencegah timbulnya korban jiwa akibat bencana,” kata Kepala Pelaksana BPBD Banyumas Ir Ariono Poerwanto BPMT, Jumat (26/4).

‎Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan simulasi evakuasi mandiri dengan melibatkan masyarakat sekitar. Upaya kesiapsiagaan, lanjut Ariono menjadi kunci keselamatan ketika terjadi bencana. Dalam artian, kesiapsiagaan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah tepat guna dan berdaya guna.

‎”Seperti kita ketahui bersama, wilayah Sumpiuh ini merupakan wilayah rawan bencana banjir. Hampir setiap datang musim hujan selalu terjadi banjir. ‎Jadi targetnya dapat mewujudkan masyarakat yang tangguh bencana. Khususnya di daerah yang rawan terjadi bencana banjir,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menyikapi bencana alam yang kerap terjadi‎.‎ (rare@satelitpost.com)