CILACAP, SATELITPOST-Bagi Anda yang memiliki anak balita harus ekstra waspada dalam mengawasi gerak-gerik sang bocah. Jika luput dari pengawasan, bisa fatal akibatnya.

Seperti yang menimpa Fikri Pratama. Anak pasangan Kasimin (28) dan Eti (25) yang baru 2,5 tahun ini harus meregang nyawa usai tercebur di saluran irigasi yang tak jauh dari rumahnya di Dusun Rawakeling RT 02 RW 02 Desa Rawajaya Kecamatan Bantarsari, Selasa (9/5) siang.

Peristiwa memilukan yang menimpa Fikri bermula saat ayahnya Kasimin pulang dari menderes nira kelapa. Sesampainya di rumah, Kasimin sempat bermain bersama Fikri. Sementara ibunya, Eti tengah sibuk memasak nira kelapa.

Selang beberapa saat, sang ayah kemudian bermain burung merpati di depan rumah. Sedangkan Fikri justru pergi bermain sendirian di saluran irigasi.

Tak lama kemudian, Kasimin pun mencari anaknya. Ia yang curiga jika anaknya bermain air di saluran irigasi, langsung bergegas menuju lokasi. Namun sang ayah tak menemukan buah hatinya.

Kasimin yang penasaran pun kemudian menyusuri saluran irigasi tersebut. Setelah berjalan kurang lebih 700 meter, ia pun terkejut karena mendapati anaknya sudah terapung di bawah jembatan. Kasimin pun bergegas mengangkat anaknya. Namun nahas, Fikri sudah dalam kondisi tidak bernyawa.

Kejadian tenggelamnya Fikri pun sempat menggegerkan warga setempat. Peristiwa ini pun kemudian dilaporkan ke polisi.

“Setelah mendapat laporan, Kapolsek bersama sejumlah petugas langsung turun ke lokasi untuk melakukan olah TKP dan memintai keterangan saksi. Hasilnya, tidak ditemukan tanda-tanda bekas penganiayaan pada tubuh korban,” kata Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto SIK melalui Kapolsek Bantarasari, IPTU Suwarna.

Dugaan sementara, kata dia, Fikri tercebur ke saluran irigasi karena terpeleset. Bocah yang belum bisa berenang ini, akhirnya meninggal di saluran irigasi dengan lebar 3 meter dan kedalaman air 1 meter. Kuatnya arus juga menyebabkan tubuh Fikri terseret air cukup jauh dari lokasi semula.

“Setelah dilakukan identifikasi, jenazah langsung kami serahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan,” ujarnya.(ron)