SISWA SMPN 1 Pejawaran, Banjarnegara sedang berkreasi lewat seni mural di tembok sekolah mereka, Jumat (25/10). ISTIMEWA

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Puluhan siswa SMPN 1 Pejawaran, antusias menuangkan kreativitasnya lewat seni mural atau melukis tembok sekolah, Jumat (25/10). Kegiatan tersebut, menjadi bagian dari upaya kampanye peduli lingkungan.

Kepala SMPN 1 Pejawaran, Heri Purwanto mengatakan, kegiatan dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (25-26/10). Masing-masing kelas mendapatkan dua kapling tembok untuk dijadikan media berkreasi sesuai tema yang sudah ditetapkan.

“Kita sengaja membuat ini dan dilombakan, sehingga melalui kegiatan ini para siswa memiliki ruang mengembangkan kreativitasnya dalam bidang seni rupa,” katanya.

Gambar di tembok sekolah tersebut, mengandung pesan sekaligus ajakan untuk semua pihak supaya lebih peduli terhadap lingkungan. Tidak hanya itu, aksi ini juga sebagai ruang untuk menuangkan kreativitas siswa yang nantinya akan diapresiasi banyak orang.

“Selain mempercantik sekolah, juga dapat mengasah kemampuan dan mengindarkan tembok sekolah dari aksi corat-coret,” katanya.

Menurutnya, banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengampanyekan peduli lingkungan. Media lukisan, saat ini dinilai cukup efektif untuk mengkampanyekan peduli lingkungan bagi sekolah yang saat ini sedang proses menuju sekolah Adiwiyata.

“Jadi selain untuk kampanye, nilai seninya juga dapat menarik perhatian masyarakat dan tentunya mengajak masyarakat untuk ikut peduli lingkungan,” katanya. (oel)