BANYUMAS, SATELITPOST-Kodim 0701/Banyumas menggelar silaturahmi dengan masyarakat, berupa kegiatan komunikasi sosial (komsos) bersama berbagai komponen masyarakat di aula Makodim 0701/Banyumas, Rabu (24/4/2019)

 

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra SE MIPol menyampaikan bahwa pertemuan tersebut merupakan wujud jalinan silaturahmi dengan komponen masyarakat. Sekaligus meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

 

“Silaturahmi merupakan suatu metode binter atau cara yeng efektif untuk meningkatkan komunikasi antara komponen masyarakat, sehingga akan dapat saling bertukar informasi, menyamakan pemahaman serta tentunya akan dapat mengurangi adanya perbedaan sehingga tercipta suasana yang kondusif,” kata Dandim seperti dikutip dari rilis yang diterima SatelitPost.

 

Lebih lanjut disampaikan Dandim bahwa komsos merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis. Sehingga, dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi. “Pertemuan seperti ini bertujuan sebagai forum silaturahmi, sehingga bisa memperkuat hubungan emosional antara TNI dan seluruh elemen bangsa,” jelas Dandim.

 

Pada kesempatan itu, Dandim juga menjelaskan tugas pokok TNI dalam Undang-Undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Bahwa TNI berperans sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keeputusan politik negara.

 

“Peran tersebut dilaksanakan melalui tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” ujar Dandim.

 

Dandim di akhir sambutannya menyampaikan bahwa Keluarga besar Kodim 0701/Banyumas berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat guna kemajuan bangsa dan negara, karena TNI adalah berasal dari rakyat, dan untuk rakyat. “Diharapkan melalui komsos dengan masyarakat kali ini, bisa menjalin silaturami yang baik antara TNI dengan rakyat agar terjalin lebih baik lagi,” kata Dandim. (lil)