PURWOKERTO, SATELITPOST-Meotel Purwokerto by Dafam kembali menggelar donor darah, Senin (29/4). Kegiatan rutin tersebut mengundang berbagai instansi, antara lain TNI, Polri, media, serta warga setempat.

Ketua panitia donor darah, Usmanto Iskhak mengatakan, acara tersebut merupakan acara rutin setiap tiga bulan sekali yang digelar Meotel Purwokerto by Dafam. Namun, kali ini donor darah tersebut menjadi satu acara rangkaian dalam P3rf3ct 3rd Anniversary Meotel Purwokerto by Dafam.

“Dari kegiatan donor darah kali ini, PMI Banyumas berhasil mengumpulkan 33 kantong darah. Ini pertanda respon masyarakat positif, mereka antusias untuk peduli orang lain. Semoga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” kata dia.

Ia berharap, melalui kegiatan tersebut dapat saling membantu mereka yang benar-benar membutuhkan darah. Dalam kesempatan tersebut, acara donor darah sengaja digelar di lobi sekaligus untuk mengajak tamu yang ingin turut mendonorkan darahnya. “Ada beberapa tamu yang ikut donor juga,” katanya.

Dandenpom IV/1 Purwokerto Letkol Cpm Kasid SH MH, yang juga datang bersama puluhan anggota Denpom IV/1 Purwokerto lainnya juga turut mendonorkan darahnya. Ia mengatakan donor darah sudah dilakukan rutin setiap tiga bulan sekali.

“Saya dari awal memang sudah rutin donor darah. Karena dengan donor darah selain membantu orang yang membutuhkan, tapi juga untuk menjaga kesehatan, memperlancar sirkulasi darah juga,” katanya.

Sementara itu, dokter seleksi UTD PMI Kabupaten Banyumas, dr Nikko Aulia Rachman mengatakan, dalam donor darah tersebut pihaknya menerima seluruh golongan darah. Sebab, UTD PMI setiap hari selalu membutuhkan darah dalam jumlah banyak dan menjadi rujukan rumah sakit di eks-Karesidenan Banyumas.

“Semua golongan darah kami terima karena stok darah juga sedang sedikit. Tapi yang paling dibutuhkan golongan darah O dan A. Sebab, permintaan dua golongam darah tersebut cukup tinggi. Dalam sehari bisa membutuhkan darah 100-150 kantong,” kata dia.

Apalagi menjelang bulan Ramadan, biasanya stok darah lebih menipis. Karena untuk donor darah biasanya dilakukan setelah salat Isya. Sementara kebutuhan darah cukup tinggi. (alf)