Pohon Roboh

PURWOKERTO, SATELITPOST – Bencana alam masih terus mengintai wilayah Kabupaten Banyumas. Seperti yang terjadi di kawasan Desa Karangsalam Kecamatan Baturaden, Jumat (5/5). Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

Beruntung, tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Hanya, saja listrik di daerah sekitar Karangsalam sempat padam karena ada pohon yang menimpa jaringan kabel. Selain itu, arus lalu lintas juga sempat terhenti, karena pohon tumbang menutup penuh ruas jalan.

“Hujan turun mulai sekitar jam lima sore, diikuti dengan angin kencang, pohon tumbang mengenai kabel listrik dan roboh di tengah jalan,” kata TRC BPBD Banyumas, Kusworo, kemarin.

Karena kabel jaringan listrik tertimpa dan tiang listrik patah, aliran listrik di wilayah sekitar Desa Karangsalam sempat mengalami pemadaman. “Tidak ada korban jiwa, hanya saja mengalami pemadaman listrik, beruntung juga itu sore hari, sehingga arus lalu lintas tidak terlalu dirasakan dampaknya,” kata dia.

Setelah hujan reda, beberapa relawan BPBD dan warga mulai melakukan evakuasi. Batang-batang yang tumbang menutup jalan di bereskan serta memperbaiki jaringan listrik. “Hingga malam hari, batang-batang pohon langsung dibereskan, mengingat jalur tersebut merupakan jalur anternatif wisata Baturaden yang cukup ramai,” katanya.

Lebih lanjut, Kusworo mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada menghadapi cuaca seperti sekarang ini. Memasuki pancaroba, cuaca tidak menentu dan sangat berpotensi adanya angin puting beliung. Jika ada pohon di dekat rumah, dan dinilai membahayakan hendaknya untuk segera diamankan.

“Jika ada pohon yang membahayakan, mungkin dekat kabel, dekat rumah atau bangunan lain, lebih baik di pangkasi ranting dan dahannya, kalau memang sangat membahayakan ditebang sekalian,” ujarnya. (min)