PLT Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dilantik sebagai Bupati Purbalingga,sisa masa bakti 2016-2021 di Gedung Gradika Bhakti Praja, kompleks Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Jum'at (12/4).

PURBALINGGA, SATELITPOST – Plt Bupati Dyah Hayuning Pratiwi resmi menjabat sebagai Bupati Purbalingga, sisa masa bakti 2016-2021. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan di Gedung  Gradika Bhakti Praja, kompleks Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Jum’at (12/4).

 

Tiwi dilantik langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Usai melantik, Ganjar berpesan setelah terlantik bisa menciptakan pemerintahan yang bersih. Selain itu, upayakan untuk memberikan pelayanan publik yang mudah, murah dan cepat. ” Untuk membuat pemerintahan yang bersih biasanya banyak mendapatkan tantangan baik dari dalam maupun luar,” kata Ganjar.

 

Disampaikan, untuk mewujudkan dan menghadapi hal tersebut diperlukan instrumen yang memadai. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi bisa membuat pelayanan dan pengawasan menjadi semakin baik. “Namun kadang masyarakat masih menginginkan kepala daerah untuk meninjau permasalahan yang ada di masyarakat,” ujarnya.

 

Pada kesempatan itu, Ganjar mengapresiasi usaha Pemkab Purbalingga, yang mampu menurunkan angka kemiskinan di Purbalingga. Hal itu perlu diapresiasi karena kemiskinan menjadi permasalahan yang mendasar, sehingga diperlukan ‘metode keroyokan’ untuk menanggulangi. Salah satunya menggunakan dana CSR. Kemudian optimalisasi Badan Amal Zakat  (Baznas) untuk mendorong pengurangan angka kemiskinan.

 

Sementara itu, usai dilantik Tiwi menyampaikan terima kasih. Menduduki jabatan baru, Tiwi berharap dukungan dan kerjasama semua pihak.  Agar bersama-sama saling bersinergi membangun Purbalingga. “Saya minta doa restu dan bimbingannya kepada semua masyarakat Purbalingga agar bisa bersama-sama membawa Purbalingga lebih baik dan membuat masyarakat lebih sejahtera,” kata Tiwi.

 

Pada kesempatan itu, selain melantik Bupati Purbalingga, Gubernur juga melantik Walikota Pekalongan untuk masa bakti 2016-2021. Kemudian juga ada pelantikan ketua TP PKK Purbalingga, Indri Anas Sumaryo dan ketua Dekranasda Purbalingga, Rizal Diansyah. Pelantikan dihadiri Forkompinda Purbalingga, Sekretaris Daerah, dan para kepala pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). (min)